Jumat, 23 Maret 2012

Hacker, Baik atau Burukkah ?


Hacker ???

Pernahkah kalian mendengar kata hacker, hack, hacking??? Atau kalian pernah mengalaminya? Apakah anda pernah mendengar kata-kata wah pesbuk saya di hack oleh teman saya", yang buat status tadi bukan saya, itu di hack oleh teman saya","ada yang bisa hack pesbuk dak??"

Kata hacker yang terlihat dari kata-kata di atas adalah Hacker berkonotasi negatif di masyarakat, banyak masyarakat yang mengatakan seorang hacker itu adalah orang yang jahat, jail, licik dan sebagainya. Hacker sama dengan orang jahatnya di dunia maya, dan sebagainya.

Di dalam dunia maya kita sering kali mendengar istilah HACKING, HACKER, HACK. Kata-kata itu mungkin menjadi pertannyaan di benak kita apakah arti dari kata HACK itu sendiri.

Hacker atau bahasa indonesianya PERETAS adalah orang yang mempelajari, menganalisa, memodifikasi (" Jika saya menambahkan, meng edit, atau menghapus bagian ..... , maka yang terjadi adalah .....), menerobos masuk ke dalam komputer dan jaringan komputer, baik untuk keuntungan atau dimotivasi oleh tantangan.

Hacker dindiri bisa dibagi garis besarnya menjadi 2 golongan :
1. Hacker /White Hat Hacker (Peretas Bertopi Putih)





Peretas putih atau White hat hacker adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada peretas yang secara etis menunjukkan suatu kelemahan dalam sebuah sistem komputer. White hat secara umum lebih memfokuskan aksinya kepada bagaimana melindungi sebuah sistem, Topi putih atau peretas putih adalah pahlawan atau orang baik, terutama dalam bidang komputer, dimana ia menyebut etika hacker atau penetrasi penguji yang berfokus pada mengamankan dan melindungi IT sistem.


Peretas topi putih atau peretas suci, juga dikenal sebagai "good hacker," adalah ahli keamanan komputer, yang berspesialisasi dalam penetrasi pengujian, dan pengujian metodologi lain, untuk memastikan bahwa perusahaan sistem informasi yang aman. Pakar keamanan ini dapat memanfaatkan berbagai metode untuk melaksanakan uji coba mereka, termasuk rekayasa sosial taktik, penggunaan alat-alat hacking, dan upaya untuk menghindari keamanan untuk mendapatkan masuk ke daerah aman.


2. Cracker / Black Hat Hacker (Peretas Bertopi Hitam)





Peretas jenis ini adalah istilah teknologi informasi dalam yang mengacu kepada para peretas yang menerobos keamanan sistem komputer tanpa izin, umumnya dengan maksud untuk mengakses komputer-komputer yang terkoneksi ke jaringan tersebut.

Qoute : Apakah anda pernah mendengar kata-kata wah pesbuk saya di hack oleh teman saya", yang buat status tadi bukan saya, itu di hack oleh teman saya","ada yang bisa hack pesbuk dak??"

Perbuatan diatas adalah perbuatan dari cracker.

Lalu Apa bedanya antara hacker dan cracker ?

Perbedaannya sangat tipis, hanya karena satu alasan saja, seorang hacker bisa menjadi cracker dan melakukan tindakan pengerusakan. atau seorang cracker bisa juga menjadi hacker.

Jadi kesimpulannya Hacker bisa berarti positif jika alasannya baik, dan bila berarti negatif karena perbuataanya yang merugikan. Dan hacker yang berbuat jahat disebut Cracker.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar